Karir

Terakhir, Panduan Karir Untuk Freelancer

Tidak ada peluru ajaib, tidak ada rumus ajaib. Kita yang telah berada di sana melalui matahari dan badai, hanya bisa tersenyum pada kenyataan bahwa segala sesuatu dimulai dengan keinginan membara untuk berhasil. Kerajinan lepas membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dibentuk dan seumur hidup untuk sempurna. Kami sangat beruntung – Internet telah mengubah kata “freelance” dan menjadikannya karier yang menguntungkan bagi hampir semua orang dengan informasi khusus. Sekarang, dengan sedikit panduan dan banyak latihan, kesuksesan di freelance lebih menjadi kenyataan hari ini daripada sebelum Internet menjadi arus utama. Mungkin membutuhkan banyak kerja keras dengan jam kerja yang panjang, tetapi pada akhirnya, sangat mungkin untuk memiliki penghasilan yang nyaman melalui pekerjaan freelance online.

Untuk membantu Anda mengingat Panduan Cepat, RajaQQ saya datang dengan akronim yang sempurna – KULIT, SASARAN, dan TINGKAT. Harap lakukan yang terbaik untuk menghafal akronim karena akronim tersebut pasti akan berguna dan menciptakan pencapaian untuk Anda. Bagaimanapun, itu adalah karier hidup Anda di atas piring.

Tahap 1 – Identifikasi KULIT Anda
• Keterampilan
• Pengetahuan
• Minat
• Jaringan

Fase 2 – Tetapkan SASARAN Anda
• Hasilkan produk / layanan Anda
• Atur sistem bisnis
• Percepat penjualan Anda
• Lompati cara Anda menuju puncak

Fase 3 – Bawa diri Anda ke TINGKAT berikutnya
• Memanfaatkan proyek bersama
• Memperkaya orang lain untuk memperkaya diri Anda
• Menjadi sukarelawan untuk visibilitas
• Dapatkan sponsor dan bantuan
• Hidup sederhana

Mari kita mulai dengan Tahap 1 – Identifikasi KULIT Anda

Tujuan Tahap 1 adalah membangun fondasi karier Anda. Dengan mengidentifikasi keahlian, pengetahuan, dan minat Anda, Anda juga akan dapat mengenali kondisi, kekhawatiran, kendala, atau bahkan kelemahan yang ada. Melalui beberapa latihan, Anda akan dapat merumuskan keputusan yang akan menentukan intensitas dan konsistensi tingkat kemajuan Anda di masa depan. Setelah mengetahui keahlian, pengetahuan, dan minat Anda, kami akan melanjutkan mencari cara untuk membangun jaringan Anda.

Ikuti langkah ini:

1) Buatlah 3 kolom di atas kertas Anda dan tandai setiap kolom dengan judul – KETERAMPILAN, PENGETAHUAN, dan KEPENTINGAN. Buatlah daftar Anda mengikuti kriteria di bawah ini.

2) Pelajari daftar dan timbang kemungkinan ketika Anda harus memilih hanya satu item dari setiap kolom.

3) Selesaikan dan buat kesimpulan seperti yang ditunjukkan dari contoh di bawah ini.

4) Hasilkan ide acak tentang jenis bisnis freelance yang dapat Anda kejar.

• KETERAMPILAN

Keterampilan yang kami rujuk adalah “Keterampilan yang diberikan Tuhan”. Ini adalah keterampilan yang diberikan kepada Anda saat Anda lahir. Jika Anda ditelanjangi dari semua sumber – uang, teman, pendidikan, dll., Apa yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa bantuan?

Apakah ini kemampuan untuk membuat sketsa orang secara detail?
Bisakah Anda membuat cerita yang menarik?
Bisakah Anda menulis jurnal perjalanan?
Apakah Anda seorang salesman terlahir?
Terlahir sebagai guru?
Bisakah Anda membuat anak-anak tertawa?
Apakah Anda seorang ahli matematika?
Bisakah kamu membuat lagu?
Apakah Anda mudah menanam bunga?

• PENGETAHUAN

Yang kami maksud dengan pengetahuan adalah “pengetahuan khusus”. Ini adalah informasi khusus yang mungkin berharga bagi pasar khusus. Pengetahuan khusus bisa tentang fotografi matahari terbenam, desain furnitur, copywriting, pernis kayu, pembuatan keranjang, pembiakan hewan, dekorasi interior, merangkai bunga, pembuatan roti, pemrograman perangkat lunak, desain web, penulisan rencana bisnis, pembuatan video, pemasaran online, penulisan SEO, dan banyak lagi.

Seringkali, kita tidak mengenali pengetahuan khusus yang sudah kita miliki sejak lama. Pengetahuan khusus mungkin sesederhana mengetahui begitu banyak tentang merawat orang tua atau menyiapkan makanan sehari-hari untuk anak penderita diabetes.

• BUNGA

Seumur hidup, mungkin ada berbagai minat yang membuat kita sibuk. Minat yang kami cari adalah minat yang sangat Anda sukai sehingga Anda tidak memperhatikan waktu yang dihabiskan untuk tugas. Sebenarnya, Anda mungkin tidak membuahkan hasil yang bagus tetapi Anda terus melakukannya karena “minat yang penuh gairah” bersifat terapeutik dan merangsang.

Sekarang, pelajari daftar Anda dan kapan pun Anda yakin tentang evaluasi pribadi Anda, kenali aspek-aspek berikut untuk membangun karier Anda. Gunakan waktumu…

KETERAMPILAN YANG DIBERIKAN ALLAH _______________________________
PENGETAHUAN KHUSUS _______________________________
KEPENTINGAN PASTI _______________________________

Kesimpulan sampel No.1

Keterampilan yang diberikan Tuhan adalah “menulis”
Pengetahuan khusus adalah “menyiapkan resep salad”
Minat yang bergairah adalah “menanam sayuran dari halaman belakang”

Ide acak: Anda dapat membuat blog tentang pengalaman sehari-hari Anda tentang menanam sayuran dari halaman belakang. Bicara tentang menyiapkan tanah, tanaman apa yang tumbuh di bawah naungan atau sinar matahari, dll. Jelaskan alat yang Anda gunakan. Buat para pembaca bersemangat dengan menampilkan video. Minta sponsor dari kemungkinan pengiklan. Buatlah eBook tentang “Resep Salad – Segar dari Kebun”. Tempatkan iklan merek minyak zaitun, cuka, mayonaise, dll. Di eBook dan distribusikan secara gratis jika mereka berlangganan ke blog Anda.

Kesimpulan sampel No.2

Keterampilan yang diberikan Tuhan adalah “menjual”
Pengetahuan khusus adalah “perbaikan komputer”
Minat yang bergairah adalah “permainan komputer”

Ide acak: Kemungkinan bisnis online adalah menulis ulasan Anda tentang berbagai permainan komputer dan mendapatkan sponsor iklan. Buatlah rekomendasi yang sesuai untuk setiap kelompok umur. Anda juga dapat menulis tentang cara untuk meningkatkan spesifikasi perangkat keras untuk mengoptimalkan kinerja permainan perangkat lunak yang diinginkan. Ikat dengan dealer komputer sebagai pemasok Anda. Buat paket promo bundling Anda sendiri untuk game perangkat lunak dan jual secara online.

Kesimpulan sampel No. 3

Keterampilan yang diberikan Tuhan adalah “mengajar”
Pengetahuan khusus adalah “menerbitkan buku”
Minat yang bergairah adalah “bermain dengan anak-anak”

Ide acak: Jelas, Anda dapat mengajari ilustrator dan penulis cara membuat buku pendidikan yang menghibur yang akan ditanggapi oleh anak-anak. Dapatkan sampel buku dari berbagai penerbit dan tawarkan untuk melakukan survei acak untuk melihat buku mana yang akan dipilih anak berdasarkan sampul depan, dll. Dokumentasikan prosesnya dalam video. Anda dapat menulis ulasan buku anak-anak dan membuat rekomendasi tentang cara memperbaikinya. Penerbit akan dengan senang hati membayar Anda untuk hasil survei sebelum mereka mengirimkan prototipe tersebut ke pers.

Menghasilkan ide acak tentang bisnis freelance Anda adalah cara yang bagus untuk memvisualisasikan diri Anda dalam tindakan. Jangan khawatir tentang detailnya karena banyak dari ini akan berubah seiring waktu saat Anda menjadi lebih percaya diri tentang tujuan dan visi Anda. Saat Anda mendedikasikan lebih banyak energi dan fokus pada keterampilan yang diberikan Tuhan, pengetahuan khusus, dan minat yang penuh gairah, semakin Anda dapat mendorong karier Anda menuju kesuksesan.
Pelajaran 2 dari Panduan Karir Freelance kami adalah tentang mengidentifikasi JARINGAN Anda. Jaringan juga dikenal sebagai “Pasar” atau “Calon Klien” kami.

Anda bahkan tidak dapat mulai berpikir tentang “membangun jaringan Anda” jika Anda belum secara jelas mengidentifikasi KULIT secara keseluruhan. Jika demikian, Anda perlu meninjau:

• Keterampilan – Pemberian Tuhan
• Pengetahuan – Khusus
• Minat – Bergairah
• Jaringan – Menghasilkan uang

Jaringan Anda adalah daftar orang yang dapat Anda jual (dan jika Anda melihat jaringan multi-level, jaringan Anda dapat didefinisikan sebagai tingkatan orang yang Anda jual).

Kualitas jaringan Anda mencerminkan siapa Anda. Jika Anda menjual skema bisnis “kaya-tanpa-kerja” maka jaringan yang akan Anda tarik adalah mereka yang menginginkan uang cepat tanpa harus bekerja. Jika Anda menjual keanggotaan kasino online, Anda akan menarik jaringan yang lebih suka menginvestasikan waktu mereka pada “keberuntungan” daripada “kerja keras”. Tidak ada jaringan yang “benar” dan “salah”. Itu hanya masalah pilihan.

Anda dapat membangun N Anda dengan terlebih dahulu mengumumkan dan mengiklankan SKI Anda. Cara tercepat untuk melakukannya adalah dengan memulai blog. Mungkin terdengar aneh pada saat ini, tetapi blog yang dikunjungi dengan baik adalah strategi termudah dan tempat paling ekonomis untuk memamerkan keahlian, pengetahuan, dan minat Anda di seluruh dunia. Hanya dengan begitu, Anda dapat menarik orang yang berpikiran sama, membangun hubungan dan kepercayaan dalam waktu singkat, dan akhirnya mengubah KULIT Anda menjadi mesin penjualan. Dalam pelajaran Fase 2 berikut, kami akan membahas secara rinci cara membangun jaringan Anda berdasarkan rencana bisnis Anda. Untuk saat ini, mari kita fokus untuk menyelesaikan Fase 1.

Mari kita ambil contoh skenario dari Pelajaran 1 untuk memberi Anda gambaran:

• KETERAMPILAN yang diberikan Tuhan adalah “menulis”
• PENGETAHUAN khusus adalah “menyiapkan resep salad”
• MINAT yang penuh gairah adalah “menanam sayuran dari halaman belakang”
• JARINGAN Penghasil Uang adalah daftar pembeli yang tertarik dengan resep salad, ramuan saus salad, rempah-rempah, pupuk organik, peralatan berkebun, dan produk lain yang terkait dengan pengetahuan dan minat Anda.

Ide acak untuk rencana bisnis:

Anda dapat membuat blog tentang pemikiran harian Anda tentang menanam sayuran dari halaman belakang. Bicara tentang menyiapkan tanah, tanaman apa yang tumbuh di bawah naungan atau sinar matahari, dll. Jelaskan alat yang Anda gunakan. Buat para pembaca bersemangat dengan menampilkan video. Minta sponsor dari kemungkinan pengiklan. Buatlah eBook tentang “Resep Salad – Segar dari Kebun”. Tempatkan iklan merek minyak zaitun, cuka, mayonaise, ramuan, dll. Di eBook dan distribusikan secara gratis jika mereka berlangganan ke blog Anda. Cari produk lain untuk dijual. Buat katalog e-niaga.

Sekarang, Anda mungkin berkata, “tetapi di mana saya akan mendapatkan produk untuk dijual?” Jangan khawatir, kami akan membahas semua aspek penting, selangkah demi selangkah di Fase 2 Panduan Karir Freelance kami.
Luangkan waktu sejenak untuk mempelajari kesimpulan KULIT Anda. Apakah kamu senang dengan itu? Dapatkah Anda memvisualisasikan gambaran besarnya dan merasakan kegembiraan dari ide bisnis acak? Jika Anda merasa terinspirasi oleh KULIT Anda, maka Anda harus menuju ke arah yang benar.

Anda harus sangat yakin tentang KULIT Anda karena semua usaha Anda di masa depan akan bergantung pada mereka. Perubahan kecil apa pun dapat memengaruhi perspektif bisnis total. Sebanyak kami memanfaatkan kekuatan dan aset Anda, Anda juga perlu mengingat kelemahan pribadi yang perlu Anda atasi atau atasi. Bekerja sendiri dapat menyebabkan kebiasaan kerja yang gila dan malas yang tidak akan pernah bisa Anda hilangkan jika Anda bekerja. Ingat, Anda perlu menghasilkan uang setiap hari.

Luangkan waktu Anda untuk menilai diri sendiri sebelum melanjutkan ke Tahap 2. Luangkan waktu Anda – sebanyak yang dapat diakomodasi oleh sumber daya pribadi Anda. Ikuti kursus singkat, terima pekerjaan lepas, bergabunglah dengan klub hobi, forum, lokakarya, dan seminar.

Terus pelihara blog agar terbiasa menuliskan pemikiran Anda. Anda juga akan mendapatkan komentar yang mungkin menginspirasi Anda untuk menulis lebih banyak. Pada saat Anda siap untuk mengerjakan rencana Anda sendiri, Anda akan meningkatkan keterampilan komunikasi Anda – alat penting untuk sukses.

Tutup matamu. Bayangkan tanggal saat ini adalah lima tahun dari sekarang. Kamu mau kemana Apakah Anda akan menjalankan pekerjaan atau bisnis yang ukurannya belum meningkat secara signifikan? Apakah Anda akan memimpin jaringan yang berkembang pesat? Apakah Anda akan terus memperluas peluang atau apakah Anda sudah menguangkan dan bersantai serta menikmati keuntungan yang diperoleh dengan susah payah?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini adalah langkah pertama dalam membangun rencana karier yang sukses. Faktanya, tanpa mengetahui ke mana Anda akan pergi, tidak mungkin untuk membuat rencana sama sekali.

Mengapa Anda harus menjadi freelance dengan keterampilan yang diberikan Tuhan?

Jawaban saya sederhana: Keterampilan yang diberikan Tuhan adalah sesuatu yang Anda miliki apa pun yang terjadi. Lebih penting lagi, ini adalah milik Anda secara bebas tanpa harus memintanya. Pasti ada alasan yang sangat bagus mengapa ANDA dan tidak semua orang di dunia ini diberi hak istimewa untuk memiliki karunia khusus ini. Ini sepenuhnya terserah Anda untuk mencari cara memanfaatkannya dengan baik.

Adalah logis dan praktis untuk merencanakan karir apa pun dengan pemikiran itu. Menjadi pekerja lepas bisa membuat kesepian pada satu titik. Rekan kerja dapat datang dan pergi, proyek dapat gagal, pengeluaran biaya dapat tertunda, bisnis Anda dapat runtuh dalam semalam – banyak hal dapat terjadi yang dapat membuat Anda putus asa dan membingungkan Anda. Dan ketika Anda tidak memiliki teman, uang, atau apa pun untuk dipegang, Anda selalu dapat mengambil keterampilan yang diberikan Tuhan karena itu benar-benar gratis untuk Anda. Karier yang dipetakan oleh keterampilan yang diberikan Tuhan dapat menghadiahi Anda sebuah profesi yang dibangun di atas tanah yang kokoh – tidak peduli berapa kali Anda jatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *